KAJIAN TAFSIR AL IBRIS, JALALAIN dan AL-MISHBAH

Setelah Isya, Pengasuh KH. Taufiqurrahman, S.Ag, M.S.I

YASIN TAHLIL dan TANYA JAWAB KEISLAMAN

Setelah Maghrib, Pengasuh Kyai Abdurrahman

RIYADLUSH SHOLIHIN dan NASHOIHUL 'IBAD

Setelah Isya, Pengasuh KH. Drs. Ali Mustofa Hamdan

KAJIAN AL-QURAN

Setelah Subuh, Pengasuh KH. Drs. Ali Mustofa Hamdan

Our Blog

PUASA DAN KEJUJURAN

Oleh: Taufiq Rm
Ketika seseorang berpuasa hanya dirinya dan Allah yg tahu. Puasa termasuk ibadah fisik yg samar. Dikatakan ibadah fisik karena harus menahan diri dari hal2 yg membatalkan puasa dan mengurangi pahalanya. Namun walaupun ibadah fisik hakikatnya ibadah puasa merupakan ibadah yg samar. Batal atau tidaknya puasa seseorang hanya dirinya dan Allah yg tahu. Maka kejujuran menjadi keniscayaan dlm melaksanakan ibadah puasa. Kejujuran akan mengantarkan terbukanya kebaikan dan kebaikan akan mengantarkan terbukanya pintu sorga. Imam Bukhori meriwayatkan Hadits dari Ibnu Mas'ud,
عليكم بالصدق فان الصدق يهدي الي البر وان البر يهدي الي الجنة وما يزال الرجل يصدق ويتحري الصدق حتي يكتب عندالله صديقا واياكم والكذب فان الكذب يهدي الي الفجور وما يزال الرجل يكذب ويتحري الكذب حتي يكتب عندالله كذابا
"Jaga kejujuran karena kejujuran menunjukkan/mengantarkan pd kebaikan, kebaikan mengantarkan ke sorga. Seseorang yg senantiasa jujur dan berusaha selalu jujur maka dicatat sebagai org jujur. Hati2 dg kebohongan, kebohongan mengantarkan pd kejahatan. Seseorang yg senantiasa bohong dan selalu berbohong maka dicatat sebagai pembohong"
Saat ini kejujuran menjadi barang mahal yg langka. Seandainya ada pulau kejujuran maka org akan berbondong-bondong menuju pulau tsb. Banyaknya kasus penyimpangan dan kebocoran di negeri ini disebabkan tipisnya kejujuran. Kepandaian tdk paralel dg kejujuran. Dapat dipahami apabila sifat yg wajib bg para Rasul diawali dg sifat Sidiq, kemudian amanah, tabligh dan fatonah. Ada yg mengatakan org jujur bisa dibimbing agar pandai tapi org pandai blm tentu bisa dilatih jujur. Idealnya jujur sekaligus pandai. Kejujuran disebut jg dg jiwa yg otonom dan berintegritas. Setiap diri manusia kecuali para Nabi dan Rasul, berpotensi melakukan kejujuran dan kebohongan sekaligus karena didlm dirinya terdapat dorongan fujur dan taqwa. 
Bagaimana agar menjadi pribadi yg jujur ?
Menghadirkan Allah dlm segala aktifitas kita adalah resep ampuh membentuk pribadi yg jujur. Merasakan kehadiran Allah diawali dari adanya pemahaman bhw Allah Maha Mengawasi dan akan membalas semua aktifitas kita selama di pentas dunia yg fana ini. Puasa melatih kita menjadi pribadi yg jujur.

#Selamat menempuh sekolah kejujuran. Semoga lulus...amiin
Semarang, 20/05/2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Authorism Theme

KH. Taufiqurrahman, S.Ag, M.S.I.

Masjid Jami Al-Qodar Sendangmulyo
Kec. Tembalang Kota Semarang

Kyai Sugiyono, S.Ag

Masjid Jami Al-Qodar Sendangmulyo
Kec. Tembalang Kota Semarang

Kyai Mas Hadi Utomo, S.Pdi

Masjid Jami Al-Qodar Sendangmulyo
Kec. Tembalang Kota Semarang

KH. Drs. Ali Mustofa Hamdan

Masjid Jami Al-Qodar Sendangmulyo
Kec. Tembalang Kota Semarang

Designed By Templatezy

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.